Skip to main content

Alay Detection

ini adalah penampakan alay
Fenomena alay memang sudah lama terjadi. Secara gak sadar beberapa dari kita masuk ke dalam kasta 4L4y (baca: alay). Bahkan kita yang mengaku gak Alay pun kadang berperilaku Alay.

Alay menurut banyak sumber yang tidak bisa dipercaya berasal dari kata Anak Melayu, Anak Layangan. Nah gw gak ngerti dah tu maksudnya apa. Yang gw ngerti Cuma Alay itu adalah tulisan yang tersusun atas huruf A-L-A-Y. ada yang bilang Alay itu Culture Shock juga. Dan pengertian ini berkembang luas sehingga gw gak usah aja ngebahas pengertian Alay.

Disini gw berbagi sedikit beberapa cirri-ciri alay menurut berbagai sumber yang tidak dipercaya (lagi).

Yang pertama penampilan. Ini belum bisa didefinisikan secara jelas mengingat penampilan itu belum tentu mencerminkan orangnya. Sebagai contoh, penampilan gw itu berjenggot, nah belum tentu gw itu teroris kaya di tipi-tipi. Hehehehe.. Atau jenggot yang identik dengan kambing..? padahal gak sama sekali.. cuman seringkali disaat Idul Qurban gw diburu temen-temen sebagai target berikutnya untuk disembelih.

Akan tetapi, penampilan alay ini dapat dilihat dari bagaimana dia berpose kalau difoto. Biasanya pose favorit adalah dengan cara kamera diangkat ke atas, dan kita memandang indah itu kamera ke atas… lalu jepreeeeettt… dah jadi satu foto alay. Bisa juga ditambah lagi dengan jari nempel di bibir, sambil mulut mencu-mencu. Kalau mau lebih banyak contoh, silahkan buka Friendster kalian, pasti banyak yang kaya gitu. Sumpeh deh, gw gak bohong, kalo gw boong, gw jadi ganteng dah..

Yang kedua cara dia menulis kalimat, atau kata-kata. Biasanya anak Alay memakai perpaduan antara huruf  besar dan kecil serta angka. Silahkan lihat contoh dibawah ini:

q tWo……………… (aku tau……)
qMo m4Nk cLiD w4d cYak 5 qHo…………. (kamu memang sulit buat sayang sama aku…)
tPh3 qM0 pLu tHwO„„„ (tapi kamu perlu tau….)
mY LuPi”………… (my love, cintaku, lupi lupi) 

Kalau anda tidak pusing membacanya, sungguh hebatlah anda. Dan patut diberi hadiah sebuah ucapan selamat dari saya. Bagi orang yang yang bukan dolongan Alay, membaca sms yang punya tulisan kaya diatas butuh beberapa menit. Bahkan yang seharusnya dibaca 1 menit, bisa dibaca 10 menit karena memang butuh tenaga ekstra untuk membaca.

Lalu ada fenomena lagi dimana anak-anak alay memakai nickname akun FB dengan nama yang super unik misalnya: Budi lagi Patah hati, Waluyolagipengensendiri, atau TuMinI D’CutEzt.. jadi nama diFB disini berisi kombinasi nama panggilan diikuti keadaan si punya FB. kalo umpananya gw lagi bersemangat ya gw ubah jadi GalaNg CemaNgadTcelaLLu

contoh nyata nama Alay yang nge add gw


Gambar diatas adalah waktu gw di add salah seorang yang gw gak kenal. dan lihatlah namanya.. sungguh membuat perut anda pusing, dan kepala mual...

Sedangkan isi dari friend nya buanyaaakk banget, 2000 an lebih. Kalo cowo, banyak friend cewe nya (biar dikata ganteng), kalo cewe, banyak friend cowo nya (biar dikata cantik). Padahal itu semua banyak yang nggak kenal. Ditambah lagi fotonya banyak banget, dan itu foto dia semua, dengan pose seperti penjelasan diatas.

Nah kalo urusan selera musik, ada berbagai versi tentang musik-musik anak alay. Ada yang bilang, melayu, tapi ada juga yang bilang emo yang gak tau Emo itu sebenarnya apa. Tapi yang pasti anak Alay itu tidak mengerti dengan benar apa yang dia suka. Dengan kata lain, Cuma meniru saja, tanpa tahu sejarah yang benar, kalo dalam bahasa Jawa itu “mekso”. Baik dalam hal dandan, atau perilaku. Anak Alay suka keluar disore hari dimana mereka pada sliwar sliwer dan nongkrong gak jelas. Memakai kaos item, super metal tapi gambarnya hati, dan bertuliskan Love Death atau apalah yang bertemakan cinta. Dan mukanya gak cocok ama cara berpakaiannya. Ya itu tadi.. sedikit maksa. Maka pandangan yang ngeliat jadi pegel, dan tiba-tiba pengen muntah, menggelinjang, dan kejang (sumpah.. ini tidak benar)

Jadi, apakah kamu termasuk kedalam kasta Alay?? Tenang aja, kadang gw juga iya.. tapi banyak nggak nya sih.. menjadi Alay adalah pilihan, karena  semua orang berhak atas apa yang mereka lakukan asal tidak menganggu yang lain.



Comments

Popular posts from this blog

Sekilas Tentang Galang Rambu Anarki

Ngomong soal nama, orang-orang setelah kenalan sama gw, banyak yang lasngsung bilang "wah anaknya Iwan Fals dong" ato "wah artis nih" dan yang paling horor adalah "wah udah meninggal dong" dan ada juga yang bilang "LHOOO KOK HIDUP LAGIIIII" *ngeeekkkkk Haissshhhh.. memang nama gw itu sama kaya namanya anaknya Iwan fals yang sudah ALmarhum, Galang Rambu Anarki. Dulu dia juga musisi seperti bapaknya, bergabung dalam band Bunga dengan hits andalan "Kasih Jangan Kau Pergi" Emang bener nama gw terinspirasi dari Alm. Galang. dulunya waktu mau ngasih nama menurut cerita, ini menurut cerita lho.. gw kagak bisa mastiin ataupun tau fakta sebenarnya soalnya gw juga waktu itu lum bisa denger, ngomong, atopun ngupil. namanya juga bayi. bisanya kan cuman nangis doank.. menurut cerita dari orangtua gw, orang yang usul ngasih nama 'galang' adalah Om gw. dia ngefans berat sama Bang Iwan Fals. anaknya aja dua-duanya dikasih nama bela

Singkat, Padat dan Gak Jelas

Naaaah kan, udah kuduga dari kemarin. ngadep laptop, siap-siap posting dan ga ada ide buat nulis sama sekali. Mau ngomong soal cinta? ah itu sudah sering dibahas dimana-mana, ngomong soal hidup? itu juga sering... ngomong soal jenggot? itu juga pernah gw tulis.. ngomong soal upil? aaaahh itu makanan sehari-hari *loooh oke kali ini gw mau ngomongin soal politik. jadi sebenarnya pemirsah. POLITIK itu adalah.... mmmmmmmmmmmmmmmmmmmm....hhhmmmm... anu... nnngggaaanuu... hmmm... apa yaaaa...?? sudah lupakan saja lah.. daripada ikut pusing.. well, kemarin gw habis ulang ke Jogja lhoooo... nah oleh-olehnya cerita aja kali ya.. biar semua kebagian.  jadi ada acara namanya Bimbingan Teknis HKI di sebuah hotel di Jogja dengan nama Hotel San*tika*** (gagal sensor). Terus kembali bingung nih apa yang mau gw ceritain. Tapi yang jelas dan pasti Jogja itu Istimewa TITIK. dah itu dulu ya.. see you soon.. salam buat si 4532 ya.. *isi hati lagi ngomong*

AKHIRNYA MENIKAH

Lama sekali tidak posting di blog ini, rasanya hampir bertahun-tahun lamanya. Kalau ibarat rumah, ni blog udah banyak sarang laba-laba, banyak rayap, banyak nyamuk dimana-mana. Mungkin karena mood menulis sangat anjlok, dan beban kerja yang tak berimbang sehingga tak ada waktu luang untuk meluangkan waktu sejenak merangkai kata-kata absurd dan membingungkan seperti ini. Oke, mungkin ada yang belum tahu, setelah sekian lama, akhirnya gw menemukan tambatan hati, seorang pendamping hidup yang pastinya menemani di saat suka dan duka, teman, curhat, teman berjuang, dan tentunya seseorang yang akan dipanggil "ibu" oleh anak-anakku nanti. Sosok cantik itu bernama Ilfa Muliawati. Sebuah nama yang indah. Awal mula dikenalin sama temen bernama Agizah, melalui BBM, dan akhirnya kuberanikan untuk menemuinya, istilah chat nya ya Kopdar. Setelah ane telusuri lebih jauh,... Eh... sebentar, maksud saya bukan lebih jauh, tapi lebih dekat... karena kalau lebih jauh berarti men