Skip to main content

Dirgahayu Indonesiaku

Tujuh belas Agustus tahun empat lima.. itulah hari kemerdekaan kita….

Yaa.. lagu ini selalu terngiang-ngiang tiap 17 Agustus dimana-mana. Namanya juga hari Kemerdekaan Indonesia tercinta.. berhubung mendekati tanggal 17 agustus, maka gw nulis topic tentang ini.

Tidak terasa Indonesia udah menginjak umur yang ke 66. udah tua juga ya? Mudah mudahan aja kedepan Indonesia semakin maju dan rakyatnya lebih sejahtera. Amin Amin Amin…

Yang selalu diingat tiap 17 Agustus tentunya ya Upacara dan Lomba-lomba… pasti dah itu dua acara gak mungkin terlewatkan dimana-mana. Berikut sedikit cerita dari masa ke masa perayaan kemerdekaan RI yang gw alamin.

Waktu SD, gw jarang dan bisa dibilang gak pernah yang namanya ikut lomba 17an. Waktu SD tu ya cuman upacara doank, habis itu deh acara hari berikutnya nonton karnaval. Jarang banget ikutan karnaval, lomba, aato apalah.. ya cuma jadi penonton setia… gw juga heran, disaat temen-temen sebaya pada antusias ikutan lomba makan kerupuk, gw malah diem aja anteng di dalem rumah… sambil nonton film dan ngupil tentunya

Nah menginjak SMP, Upacara juga gak mungkin terlewatkan dong.. udah pasti itu, dan upacaranya pasti di alun-alun soalnya sekolah gw deket ma alun-alun.. Udah pasti gw ikut upacara pagi dan sore… fyuuuhhh… Tapi asik juga bisa liat cewe-cewe dari sekolah laen *mulai bergeliat* .
Diwaktu SMP itu untuk pertama kalinya gw ikutan karnaval 17an. Biasa kan, tiap sekolah harus ikutan. Ya tapi dari kelas 1 sampe kelas 3 tetep gak berubah.. gw ma temen-temen gw bedandan ala orang ronda, pake kentongan, corat-coret pake areng, dan pake long (semacam mainan kaya meriam dari bambu). Yang gw rasain waktu itu ya cuman satu.. CAPEK…sumpah gak boong.. berani disamber tangannya Dian sastro deh kalo gw boong..

Trus dikala SMA, apesnya dan sangat sialnya, gw masuk dalam jajaran pleton inti. Soalnya postur tubuh gw kan emang tinggi. Nah gara-gara itu lah tiap ada acara pasti tonti yang diandelin, termasuk upacara, lomba baris (iya lah namanya juga tonti) dan ikut karnaval (baris juga). Paling sebel emang kalo ada apa-apa harus tonti, tapi ada untungnya juga sih… bisa kabur dari pelajaran dengan alasan kumpul tonti… padahal cuman mau jajan di kantin.. ehehehe… untungnya lagi, gw stop sampe tonti aja, gak merembet ikutan Paskib… udah nyerah gw.. mendingan maen Band daripada latihan paskib.. udah gw itung-itung tuh, biasanya kan latihan paskib sebelum tanggal 17 kan, nah pas tanggal 14 tuh SMA ada perayaan ulang tahun sekolah. Jadi ya pilih manggung daripada ikutan paskib… *mulai menggila bersama*

Lanjuuuuuuuuuuutt…  Nah waktu kuliah ini adalah masa dimana gw sama sekali berpuasa dengan yang namanya upacara. Selama lima tahun tersebut cuman sekali ikutan upacara 17 Agustus. Itu pun cuman gara-gara KKN, dan harus mewakili kelompok KKN. Ternyata rindu juga ikutan upacara waktu itu. Saat kuliah lah juga gw mulai berkecimpung di dalam acara lomba 17 agustusan, kaya lomba makan kerupuk, lomba lari kelereng, joget, nyari koin, lari karung dan sebagainya.. untung aja lomba ngupil gak ada ya.. pasti gw pengen ikut tuh,,, hehe.. Btw, keberadaan gw disitu bukan sebagai peserta lho.. tapi sebagai panitia, alias yang mengadakan acara bareng temen-temen satu kampung… wuaaaahahaaa.. akhirnya merasakan juga jadi panitia... waktunya ngerjain anak-anak kecil #tertawalicik

Menginjak ke masa sekarang dimana CPNS diwajibkan mengikuti upacara di Pusat sesuai surat perintah yang diterima. Dan hasilnya, tiap ada upcara kenegaraan, gw dan seluruh CPNS laen pake baju korpri dan kopiah item, udah kaya pegawai beneran, ngikutin dengan khidmad upacara di kantor Kemenkumham pusat. Gak apa-apa lah.. demi menghormati jasa pahlawan kita dulu. Gini-gini nasionalisme sangat kental lho di darah gw…

Nah Indonesia, gw ngucapin met ultah yaaaa... selamat hari kemerdekaan yang ke 66. semoga Indonesia makin maju dan makin oye…!! Ditunggu traktirannya… #mulai ngelantur

“Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Kesadaran Hidup dalam ke-Bhinneka-an untuk Kokohkan Persatuan NKRI, Kita Sukseskan Kepemimpinan Indonesia  dalam Forum ASEAN untuk Kokohkan Solidaritas ASEAN”


Comments

Popular posts from this blog

Sekilas Tentang Galang Rambu Anarki

Ngomong soal nama, orang-orang setelah kenalan sama gw, banyak yang lasngsung bilang "wah anaknya Iwan Fals dong" ato "wah artis nih" dan yang paling horor adalah "wah udah meninggal dong" dan ada juga yang bilang "LHOOO KOK HIDUP LAGIIIII" *ngeeekkkkk Haissshhhh.. memang nama gw itu sama kaya namanya anaknya Iwan fals yang sudah ALmarhum, Galang Rambu Anarki. Dulu dia juga musisi seperti bapaknya, bergabung dalam band Bunga dengan hits andalan "Kasih Jangan Kau Pergi" Emang bener nama gw terinspirasi dari Alm. Galang. dulunya waktu mau ngasih nama menurut cerita, ini menurut cerita lho.. gw kagak bisa mastiin ataupun tau fakta sebenarnya soalnya gw juga waktu itu lum bisa denger, ngomong, atopun ngupil. namanya juga bayi. bisanya kan cuman nangis doank.. menurut cerita dari orangtua gw, orang yang usul ngasih nama 'galang' adalah Om gw. dia ngefans berat sama Bang Iwan Fals. anaknya aja dua-duanya dikasih nama bela

Singkat, Padat dan Gak Jelas

Naaaah kan, udah kuduga dari kemarin. ngadep laptop, siap-siap posting dan ga ada ide buat nulis sama sekali. Mau ngomong soal cinta? ah itu sudah sering dibahas dimana-mana, ngomong soal hidup? itu juga sering... ngomong soal jenggot? itu juga pernah gw tulis.. ngomong soal upil? aaaahh itu makanan sehari-hari *loooh oke kali ini gw mau ngomongin soal politik. jadi sebenarnya pemirsah. POLITIK itu adalah.... mmmmmmmmmmmmmmmmmmmm....hhhmmmm... anu... nnngggaaanuu... hmmm... apa yaaaa...?? sudah lupakan saja lah.. daripada ikut pusing.. well, kemarin gw habis ulang ke Jogja lhoooo... nah oleh-olehnya cerita aja kali ya.. biar semua kebagian.  jadi ada acara namanya Bimbingan Teknis HKI di sebuah hotel di Jogja dengan nama Hotel San*tika*** (gagal sensor). Terus kembali bingung nih apa yang mau gw ceritain. Tapi yang jelas dan pasti Jogja itu Istimewa TITIK. dah itu dulu ya.. see you soon.. salam buat si 4532 ya.. *isi hati lagi ngomong*

AKHIRNYA MENIKAH

Lama sekali tidak posting di blog ini, rasanya hampir bertahun-tahun lamanya. Kalau ibarat rumah, ni blog udah banyak sarang laba-laba, banyak rayap, banyak nyamuk dimana-mana. Mungkin karena mood menulis sangat anjlok, dan beban kerja yang tak berimbang sehingga tak ada waktu luang untuk meluangkan waktu sejenak merangkai kata-kata absurd dan membingungkan seperti ini. Oke, mungkin ada yang belum tahu, setelah sekian lama, akhirnya gw menemukan tambatan hati, seorang pendamping hidup yang pastinya menemani di saat suka dan duka, teman, curhat, teman berjuang, dan tentunya seseorang yang akan dipanggil "ibu" oleh anak-anakku nanti. Sosok cantik itu bernama Ilfa Muliawati. Sebuah nama yang indah. Awal mula dikenalin sama temen bernama Agizah, melalui BBM, dan akhirnya kuberanikan untuk menemuinya, istilah chat nya ya Kopdar. Setelah ane telusuri lebih jauh,... Eh... sebentar, maksud saya bukan lebih jauh, tapi lebih dekat... karena kalau lebih jauh berarti men